Pengertian Ekspositori
Pengertian ekspositori
Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dalam strategi ini, materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru.
Apa saja karakteristik pembelajaran ekspositori?
Karakteristik dalam Metode pembelajaran ekspositori menurut Rusmono adalah: 1) Memberi materi yang terbaru kepada siswa 2) Memberi penjelasan yang mudah di mengerti kepada siswa 3) Memberi kesempatan siswa bertanya.
Apa manfaat dari strategi pembelajaran ekspositori?
Menurut Erman Suherman (2003: 203) metode ekspositori merupakan metode yang memiliki beberapa keunggulan, di antaranya: 1) dengan strategi pembelajaran ekspositori guru dapat mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran, dengan demikian guru dapat mengetahui sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang
Apa peran guru dalam pembelajaran ekspositori?
Menurut Dimyati dan Mudjiono dalam bukunya yang berjudul Belajar dan Pembelajaran, peranan guru dalam strategi pembelajaran ekspositori adalah : a) Penyusun program pembelajaran. b) Pemberi informasi yang benar. c) Pemberi fasilitas belajar yang baik. d) Pembimbing siswa dalam memperoleh informasi yang benar.
Mengapa metode ekspositori berpusat pada guru?
Model pembelajaran yang berpusat pada guru ini memiliki keunggulan: 1) bahan belajar dapat disampaikan secara tuntas, 2) dapat diikuti oleh siswa dalam jumlah besar, 3) pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan, 4) target materi relatif mudah dicapai.
Langkah langkah model pembelajaran ekspositori?
Adapun langkah-langkah pembelajaran ekspositori, yaitu sebagai berikut.
- Persiapan. Langkah persiapan berkaitan dengan persiapan siswa untuk menerima pelajaran.
- Penyajian. Langkah penyajian adalah penyampaian materi pelajaran sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan. ...
- Korelasi. ...
- Menyimpulkan. ...
- Penerapan.
Bagaimana strategi ekspositori?
Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dalam strategi ini, materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru.
Apakah strategi pembelajaran ekspositori efektif?
Kemudian dilihat dari reratanya, pembelajaran dengan mengacu pembelajaran ekspositori dapat diperoleh prestasi belajar (yaitu 46) menghasilkan rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran lain (yaitu 44). Jadi kesimpulannya adalah model pembelajaran ekspositori adalah pembelajaran yang efektif.
Metode apa saja yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi ekspositori?
Menurut Hudoyo (1998: 133) metode ekspositori dapat meliputi gabungan metode ceramah, metode drill, metode tanya jawab, metode penemuan dan metode peragaan. Berdasarkan konsep di atas metode pembelajaran ekspositori merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru.
Hal apa saja yang membuat strategi pembelajaran ekspositori akan efektif?
Bagaimana Strategi Pembelajaran Ekspositori?
- Berorientasi pada tujuan. Prinsip komunikasi.
- 3. Prinsip berkelanjutan.
- Diatas merupakan prinsip-prinsip Strategi Pembelajaran dengan Ekspositori. Karena dengan menggunakan strategi ekspositori siswa bisa optimal dalam menguasai matei tersebut.
- Baca Juga.
Bagaimana menurut pendapat Anda Masih cocokkah pendekatan ekspositori diterapkan pada kurikulum 2013?
Dalam kurikulum 2013 strategi pembelajaran ekspositori masih layak untuk digunakan, apabila guru dapat memenuhi kriteria dari strategi ekspositori dan tidak terfokus kepada metode ceramah dan dikte saja.
Jelaskan strategi ekspositori beserta langkah langkahnya?
Langkah-langkah Pelaksanaan Strategi Ekspositori Beberapa hal yang harus dilakukan dalam langkah persiapan di antara-nya adalah: 1) Berikan sugesti yang positif dan hindari sugesti yang negatif. 2) Mulailah dengan mengemukakan tujuan yang harus dicapai. 3) Bukalah file dalam otak siswa.
Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran inquiry?
Inquiry-Based Learning atau sering kita singkat dengan IBL adalah proses pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan awal atau rasa penasaran siswa. Pembelajaran ini berbasis inquiry atau pertanyaan, di mana pembelajarannya sesuai dengan pertanyaan atau ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran.
Apa saja macam macam strategi pembelajaran?
Macam-Macam Strategi Pembelajaran
- Strategi discovery Learning (DL) (Menyingkap Pembelajaran)
- Strategi inkuiri Learning (IL) (Penyelidikan Pembelajaran)
- Strategi Problem Based Learning (PBL) (Pembelajaran berbasis masalah)
- Strategi Project Based Learning (PBL) (Pembelajaran Berbasis proyek)
Mengapa strategi ekspositori sering juga dinamakan dengan strategi chalk and talk?
Karena dalam strategi ini materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru. peserta didik tidak dituntut untuk menemukan materi itu. Materi pelajaran seakan-akan sudah jadi. Oleh karena strategy ekspositori lebih menekankan kepada proses bertutur, maka sering juga dinamakan istilah strategi “chalk and talk”.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan discovery learning?
Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery/Inquiry Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi bila individu terlibat terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.
Apa perbedaan discovery dan inquiry?
Inkuiri menekankan pada proses mencari atau penelitiannya, sedangkan discovery menekankan pada penemuannya. Jika seseorang menggunakan metode pencarian (berinkuiri), kemungkinan besar akan menemukan, dan suatu penemuan (discovery) adalah hasil dari suatu pencarian (Magasida, 2017).
5 Langkah model pembelajaran Discovery?
Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning ?
- Merumuskan pertanyaan. Merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
- Merencanakan.
- Mengumpulkan dan menganalisis data. ...
- Menarik simpulan. ...
- Aplikasi dan Tindak lanjut.
Langkah-langkah dalam discovery learning?
Langkah-langkah Pembelajaran Discovery Learning
- Stimulation/Stimulasi (Pemberian Rangsangan)
- Problem Statement/Pernyataan (Identifikasi Masalah) ...
- 3. Data Collection (Pengumpulan Data) ...
- 4. Data Processing (Pengolahan Data) ...
- Verification (Pembuktian) ...
- 6. Generalization/Generalisasi (Menarik Kesimpulan)
Apa perbedaan metode dan strategi?
Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008).
Post a Comment for "Pengertian Ekspositori"